Kamis, 09 Juli 2020

APA SICH GAN LATIHAN KADER I (BASIC TRAINING) HMI ITU?


 Oleh: Qiki Qilang Syachbudy
Ketum HMI Cabang Bogor 2013-2014

Jika kita baca AD/ART HMI, disitu jelas Gan bahwa HMI adalah sebuah organisasi yang memi-liki tujuan: Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT. Apalagi jika agan baca fungsi HMI pada pasal 8 Anggaran Dasar bahwa HMI berfungsi sebagai organisasi kader. So, sebagai organisasi kader artinya HMI harus memberikan manfaat sebesar-besarnya khususnya bagi anggotanya.
Jadi, kalo Agan tanya apa itu LK I. Ehemm... LK I itu adalah salah satu bentuk training formal yang ada di HMI. Sekaligus LKI juga sebagai penanda bahwa orang tersebut resmi menjadi anggota HMI (cieee… keren bangeud jadi anggota HMI).
LK I bukan sebuah training yang asal-asalan Gan. Agan bisa lihat bahwa tata cara LK I diatur dalam konstitusi HMI terutama di dalam pola dasar training. Oleh karena itu, LK I juga punya tujuan. Mau tau apa itu tujuan dari LK I? Pantengin ya….
Terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan perannya dalam berorganisasi serta hak dan kewajibannya sebagai kader umat dan kader bangsa. Keren kan tujuan LK I Gan? Ya…iyalaah, makanya Ane masuk HMI….hehee. Kurang gimana kerennya coba. Disaat orang lain sedang asyik-asyiknya menikmati masa muda sebagai mahasiswa. Kita di HMI malah belajar untuk jadi kader umat dan kader bangsa yang baik…ngeurii Gan. Kita di HMI diingatkan untuk jadi orang besar.
Oya..kembali ke laptop. Selain punya tujuan, LK I juga punya target. Apa sich targetnya? Hmm…. Kasi tau ga ya?…hehee. Baiklah, ada 4 target dalam LK I Gan. Diantarnya adalah: 1) Memiliki kesadaran menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, 2) Mampu meningkatkan kemampuan akademis, 3) Memiliki kesadaran akan tanggung jawab keumatan dan kebangsaan, dan 4) Memiliki kesadaran berorganisasi.
So, seru kan di HMI? Tapi tunggu dulu Gan… Ada yang lebih seru lagi nih. Kalo yang ini Ane bela-belain deh buat buka-bukaan informasi.
Hal yang makin seru di HMI adalah ketika kita sudah masuk dan terdaftar sebagai anggota HMI (Ya tentunya sesudah Agan dinyatakan lulus dari LK I. Kalo gak lulus, berarti Agan harus mengulang pada LK I berikutnya. So, harus bener-bener ya ikutin LK I nya). Serunya dimana Gan? Gini… Bismillah… Ya gimana gak seru gan, setelah Agan masuk HMI, Agan otomatis memiliki temen di seluruh Indonesia (HMI connection) yang jumlahnya ada 192 cabang yang tersebar hampir di seluruh universitas negeri atau swasta. Bukan itu saja, Agan juga berarti sudah masuk pada lingkaran atau keluarga orang-orang terkemuka di republik Indonesia ini. Mau tau siapa saja mereka? Tenang Gan, di paragraf berikutnya Ane sebutin ya…. Beberapa Alumni HMI yang sudah sukses di Indonesia ini diantaranya adalah: Jusuf Kalla, Akbar Tandjung, Mahfud MD, Prof. Herry Suhardiyanto, Prof. Asep Saepuddin, Abraham Samad, Muliaman D. Hadad, Anas Urbaningrum, Prof. Rochmin Dahuri, de el el. Ane ga sanggup ngabsen satu persatunya Gan. Agan bayangin saja, HMI sudah berdiri dari tahun 1947 (tepatnya HMI berdiri pada tanggal 5 Februari 1947). So, klo Ane sebut atu per atunya, ga akan kelar dalam 100 bab gan hehee… Beliau yang ane sebutin itu hanya beberapa saja supaya Agan makin mantep dan tidak ragu masuk HMI. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi, mungkin ke depannya, nama aganlah yang akan menggantikan posisi-posisi beliau tersebut. Amin ya robbal a’lamiin.
Tapi yang paling penting Gan, kita di HMI itu dituntut untuk bisa terus menambah ilmu melalui aktifitas membaca, menulis, dan berdiskusi (pengajian/seminar/kuliah/ de el el). Karena itu sudah menjadi janji Tuhan bahwa Dia akan meninggikan beberapa derajat umatnya dikarenakan ilmunya.
Apalagi di HMI ini kita diajarkan untuk berpegang kepada tiga dasar nilai HMI, yaitu Iman, Ilmu, Amal. So, klo Agan sudah masuk HMI, Agan harus terus berproses supaya tidak malu-maluin jadi anggota HMI…hehee. Baca buku apa saja yang penting Agan suka. Mau yang berbau kiri kek, mau yang berbau kanan kek. Yang terpenting, setelah baca buku, agan diskusikan sama senior atau rekan-rekan yang lain.
Pokoknya Ane disini gak bisa panjang lebar deh cerita ke agan…. Yang penting rasakan dulu kedahsyatannya Gan. Baru agan bisa bilang nyesel ato bersyukur masuk HMI.
So, klo Agan mw gabung di HMI (khususon HMI Cabang Bogor), Agan harus rajin begadang sambil cari-cari info di internet (hahaaa… sorry becanda gan)…. Gampang saja, Agan contact saja di FB: Himpunan Islam. Atau datang langsung di sekretariatnya di Jl. Batu Hulung No. 91 Kelurahan Marga Jaya, Dramaga (di depan SMA BBS) atau cari-cari tahu saja info dari kakak kelasnya (ehemmm… HMI Cabang itu terkenal kalee di Bogor….hehee). (20 Oktober 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar