Kamis, 09 Juli 2020

MENYAMBUT MUSDA KAHMI DAERAH BOGOR MASA BAKTI 2013 – 2018



Oleh: Qiki Qilang Syachbudy
Ketum HMI Cabang Bogor 2013-2014


Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) berdiri sejak tanggal 17 September 1966 bersamaan dengan Korps HMI-Wati (KOHATI) yaitu pada kongres HMI ke-8 di Solo. Pada awal didirikannya, KAHMI merupakan badan khusus HMI, sebagai tempat informasi sekaligus berfungsi sebagai wadah konsultasi bagi HMI setempat. Namun sejak tahun 1987, KAHMI tidak lagi memiliki hubungan organisatoris dengan HMI karena saat itu KAHMI sudah menjadi ormas tersendiri. Sejak saat itu kemudian dibentuk presidium KAHMI nasional.
Semenjak dari awal berdirinya, sudah banyak hal yang telah KAHMI lakukan dalam rangka ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa. Hal ini memang bisa dianggap sesuatu hal yang wajar mengingat pada dasarnya, seorang anggota KAHMI adalah juga seorang kader HMI yang telah memiliki pemahaman sangat baik mengenai cita-cita “Terwujudnya Masyarakat Adil Makmur yang Diridhoi Allah SWT”. Individu-individu yang sudah mengalami proses pengaderan di HMI sehingga memiliki tujuan yang sama kemudian berhimpun kembali di dalam KAHMI untuk terus bersama-sama melakukan kerja kolektif. Melanjutkan perjuangan ketika ber-HMI merupakan dasar utama dari keberadaan KAHMI.
Melihat dasar utama dari keberadaan KAHMI tersebut maka sebenarnya ada dua fungsi yang sangat penting dari KAHMI. Kedua fungsi itu menyangkut fungsi kesejarahan dan fungsi masa depan. Di dalam hal fungsi kesejarahannya, KAHMI sebagai kumpulan dari para alumni HMI memiliki tanggung jawab moral bagi berlangsungnya pengaderan yang ada di HMI. Meskipun secara organisatoris sudah tidak ada hubungannya lagi tetapi secara pertalian batin masih memiliki peran yang penting. Dalam hal ini KAHMI memiliki fungsi sebagai guru atau pendidik bagi adik-adiknya sehingga terjadi interaksi dalam rangka mewujudkan perkaderan yang bermutu yang didasarkan atas kondisi kekinian dan atas dasar potensi terbaik yang dimiliki para kader HMI baik secara individu maupun kolektif. Sedangkan dalam fungsi masa depan, KAHMI memiliki tanggung jawab untuk menjadi peletak batu pertama terobosan ide yang inovatif (fungsi pembangun wacana) bagi pembangunan Indonesia di masa depan. Sebagai ormas yang didasarkan atas kemampuan intelektual yang baik, KAHMI diharapkan bukan saja mampu melihat masa depan tetapi juga diharapkan mampu membuat step by step untuk mewujudkannya. KAHMI diharapkan bisa menjadi garda terdepan rujukan bagi ormas-ormas lain dalam bergerak.
Baik fungsi kesejarahan maupun fungsi masa depan yang diemban KAHMI memang terasa berat. Namun demikian, hal itu akan menjadi mudah dan sederhana jika terjalin kerjasama yang baik antara KAHMI dan HMI. Pada dasarnya, KAHMI dan HMI adalah dua bersaudara yang terlahir sebagai anak psikologis dari cita-cita sejarah HMI. Kita boleh memiliki tubuh yang berbeda dan cara pergerakan yang berbeda, tetapi selama tujuan dan semangat kita sama maka insyaAllah pada akhirnya kita akan sampai kepada tujuan, suatu negara yang diberkahi, yang di dalamnya terdapat suatu kehidupan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.
Menyambut MUSDA KAHMI Daerah Bogor Masa Bakti 2013-2018, kami segenap pengurus HMI Cabang Bogor Periode 2012-2013 mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara tersebut. Melalui momen ini kami berharap semoga banyak curahan pemikiran yang Kanda/Yunda berikan bagi keberlangsungan perkaderan khususnya di HMI Cabang Bogor di masa kini dan masa depan. (8 Februari 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar